Marhaban ya Ramadhan

Mohon maaf lahir dan batin

QS. Al-Baqarah, Ayat 183

“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.”

Ceritakan Kisah Ramadhanmu!

Teman-teman, apa kabar? Semoga sehat dan selalu semangat ya! Teman-teman mungkin punya banyak cerita dan pengalaman seru selama berpuasa di rumah. Yuk, berbagi pengalaman puasamu dengan teman-teman lainnya! Cerita Teman-teman Insha Allah akan ditampilkan pada bagian bawah halaman website ini. Namun, Teman-teman wajib menggunakan kata-kata yang baik dan positif ya.

Dukungan Teknis

Jika Teman-teman menemukan kendala dalam membuka Video dan Live Streaming, hubungi nomor kontak Pak Hilman yaa! Insha Allah nanti dibantu.

  • 0818-222-999

Info Jadwal

Yuk Sahabat, kita nonton video motivasi Ramadhan dan Dongeng Ceria secara Live Streaming yang akan disampaikan oleh guru-guru Al Fikri dan pendongeng dari Dompet Dhuafa. Insha Allah bermanfaat untuk mengisi waktu puasa sahabat semuanya!

Buka Video
Pak Ruslan Ependi

Pak Ruslan

Kamis, 23 April 2020
Motivasi Menyambut Ramadhan

Pak Heru Al Fikri

Pak Heru

Senin, 4 Mei 2020
Kisah sahabat Rasulullah dalam menjalankan puasa

Pak Agus

Pak Agus

Senin, 11 Mei 2020

10.00 s.d. 10.45 WIB
(Live Google Meet khusus untuk Kelas 4-6)

Pengalaman Ramadhan selama masa isolasi dan motivasi membaca/mengkhatamkan Al-Qur’an

Bu Atini Al Fikri

Bu Atini

Selasa, 12 Mei 2020

Sunnah Rasul saat Ramadhan dan hal-hal yang biasa dilakukan Rasulullah saat Ramadhan dan menjauhi perkara yang merusak pahala puasa

Bu Firda

Bu Firda

Rabu, 13 Mei 2020

Berpuasa di tengah wabah Covid 19

Bu Shofi

Bu Shofi

Kamis, 14 Mei 2020

Kiat-kiat meraih malam Lailatul Qodar

30

HARI BERPUASA

100%

IKHLAS

100%

SEMANGAT

Live Streaming

Live Streaming dengan Pendongeng dari Dompet Dhuafa

Kak Yono Dompet Dhuafa

Kak Yono

Rabu, 6 Mei 2020
Dongeng Hikmah Ramadhan (Part 1)
Kak Yono dari Dompet Du’afa
Live YouTube
10.00-10.45 WIB

Kak Ipoel Gatot Kaca

Kak Ipoel

Jumat, 8 Mei 2020
Dongeng Hikmah Ramadhan (Part 2)
Kak Ipoel dari Dompet Du’afa
Live YouTube
10.00-10.45 WIB

Pak Hafidh Host Al Fikri

Pak Hafidh (Host)

Live Streaming Youtube bersama Kak Yono dan Kak Ipoel akan dipandu oleh Host dari Al Fikri, Pak Hafidh pada tanggal 6 dan 8 Mei 2020 pada pukul 10.00-10.45 WIB

Sambutan Host

Mari bersama meriahkan Ramadhan 1441H

Pak Hafidh Host Al Fikri

Marhaban Ya Ramadhan 1441 H
Selamat Menjalankan Ibadah Puasa

Program Pesantren Ceria SDIF Al Fikri
Yuk jadikan Ramadhan tahun ini penuh makna bersama keluarga di rumah

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

”Apabila Ramadhan tiba, pintu surga dibuka, pintu neraka ditutup, dan setan pun dibelenggu.”

(HR Bukhari dan Muslim)

Abdul Hafidh (Host)

Jadwal Live Streaming dan Tampilan Video

  • Jadwal Guru

Jadwal Guru

April 21st, 2020|1 Comment

Pak Ruslan: Kamis, 23 April 2020 Sambutan dan Motivasi Menyambut Ramadhan Pak Heru: Senin, 4

Flyer WA Terbaru
Jadwal Ramadhan Ceria Al Fikri 1441H
Jadwal Imsak Depok

Cerita Teman-teman

Echa, 5 Mina

Hai,aku akan bercerita tentang saat aku puasa. Saat aku pertama puasa aku merasa tidak tahan untuk melanjutkan puasa,lalu aku paksakan dan akhirnya aku berhasil puasa dengan penuh. Selain itu pun aku juga sholat tarawih,setiap tarawih kita hanya 11 rakaat 8 tarawih dan 3 witir.setiap aku buka puasa aku makan dengan lahap,karna sudah seharian tidak makan dan minum. Untuk sahur aku dan keluarga selalu masak bersama dan menyiapkan bersama.

Zakka, 4 Mina

Ramadhan tahun ini berbeda dari tahun sebelumnya. Saya tidak bisa main diluar , taraweh dimesjid, tidak buka bersama teman , tidak ngaji bereng teman teman. semua saya lakukan dirumah karena ada wabah covid-19. Pengen pulang kampung untuk lebaran, dan main sama teman teman .

Yara, 5 Mina

Ramadhan tahun ini aku dirumah saja. Aku bosen gak kemana mana. Tapi aku tetap puasa full gak ada yang putus. Aku tetap ngaji dengan guru ngaji dengan whatapp call. Alhamdulillah aku bisa main dengan adik ku. Aku pernah gak sahur karena gak kedengeran alarmnya tapi aku tetap puasa. Aku pengen ketemu teman-teman dan guru-gur di sekolah. Mudah2an corona nya cepat selesai. Aamiin ya Allah.

Zhirayan Azhar, 5 Mina

Pada bulan ramadhan, aku suka dibangunkan oleh kakekku,ayahku, atau ibuku. Biasanya aku dibangunkan pada pukul 03.15. Biasanya aku dan keluargaku sahur dengan telor dadar, telor ceplok atau sop. Setelah sahur aku dan keluargaku shalat shubuh bersama. Setelah shalat, aku langsung ke kamar dan langsung tidur. Biasanya aku bangun diantara pukul 08.15 sampai 09.15. Setelah bangun aku langsung shalat dhuha. Setelah shalat, aku nonton tv atau bermain bersama adikku. Aku melakukan hal tersebut hingga adzan dzhuhur. Saat adzan, aku langsung bergegas ke kamar mandi untuk wudhu. Lalu, aku shalat dzhuhur bersama keluargaku di musholla rumah. Biasanya, yang menjadi imam dirumahku adalah kakekku. Lalu aku ke kamar lagi dan nonton tv.aku menonton tv hingga adzan ashar. Setelah adzan, aku langsung wudhu dan shalat ashar. Setelah itu aku ngabuburit menonton tv. Seperti biasa, aku nonton tv hingga adzan maghrib. Lalu, aku dan keluargaku berbuka bersama.setelah buka, aku langsung shalat maghrib. Biasanya, aku shalat sunnah ba’diah dan langsung mengaji. Aku melakukan hal ini setiap sebelum shalat. Setelah shalat, aku membaca buku pelajaran. Aku baca buku pelajaran hingga adzan isya. Lalu aku shalat isya dan bersiap-siap shalat tarawih. Biasanya, yang menjadi imam saat tarawih dan withir bergantian. Contoh, hari ini kakekku dan besok ayahku . Lalu kakekku lagi dan seterusnya. Setelah shalat withir, aku makan mi instan dan naik ke atas dan tidur.

Maja, 5 Mekkah

“assalamu’alaikum halo teman teman, bapak ibu guru yang ku cintai aku mau menceritakan ramadhan ku kali ini. Jadi kali ini ramadhan ku tidak seseru ramadhan yang dulu karna aku gak bisa bermain sama keluargaku yang di luar kota dan aku juga, gak bisa kemana mana tapi alhamdulillahnya aku masih bisa menggunakan hp/laptopku untuk berkomunikasi dengan mereka. aku juga senang karna bisa menjalani puasa dirumah aja walaupun gk bisa main sama teman teman di sekolah. aku kalo lagi ngabuburit kan gk bisa beli jajan atau main sama teman di luar jadi aku mau kasih tips buat kalian yang kangen main keluar sama teman teman kalian
1. kalian bisa bermain dengan via online atau main game online
2. kalian bisa bantu bunda bikin takjil karna gk ada yang jualan jadi bikin sendiri deh
3. kalian bisa bahas materi sambil vc (video cal) sama teman
4. bisa juga main ps juga aku biasanya main bareng keanu semoga dia baca ini hehe…
5. kalian bisa juga nih main sama saudara atau keluarga
nah itu dia tips dari aku
aku juga mau kasih harapanku buat ramadhan kali ini
semoga corona cepat pergi dari bumi ini
dan semoga aku bisa sekolah lagi kayak dulu biar gak kangen kagi.
jadi ini adalah cerita dariku terimakasih yang sudah baca assalamu’alaikum “

Nayla, 5 Mina

“Ramadhan Bersama Covid-19

Ramadhan kali ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya karena ada pandemi covid-19. ibadah sholat 5 waktu dan tarawih yang biasa dilakukan di masjid dilakukan di rumah karena masjid-masjid di tutup. walau pun masjid di tutup aku tetap sholat di rumah berjamaah bersama keluarga. saat sore hari yang biasanya orang mencari snack untuk berbuka. tapi sekarang kegiatan itu dibatasi karena kita dihimbau untuk tetap di rumah aja. menu berbuka juga lebih sederhana karena sekarang perekonomian sedang sulit.banyak orang yang tidak punya makanan. dan karena kita tidak boleh berlebih lebihan sesuai tuntunan rasul. di rumah aku biasanya beribadah baca Quran, kultum bersama keluarga. kegiatan lainnya aku membantu orang tua, bermain dengan hewan peliharaanku, dan melakukan hal positif lainnya. walaupun ramadhan ditengah wabah covid-19 kita tetap bisa beribadah walaupun dirumah. aku sangat senang walaupun ramadhan kali ini berbeda.”

Aisha, 5 Mina

Saat aku kecil, aku tidak tahu banyak tentang ramadhan karena dulu aku bersekolah di sekolah umum. Tapi sejak aku bersekolah di Al Fikri, aku jadi tahu lebih banyak tentang Islam. Salah satunya adalah ramadhan. Aku baru berpuasa penuh saat usia 8 tahun karena dulu masih kecil belum tahu banyak tentang berpuasa. Saat aku tahu, aku suka sekali berpuasa. Aku berusaha berpuasa penuh setiap hari jika sehat. Sahur sama serunya dengan berbuka. Ternyata berpuasa di bulan Ramadhan itu mudah dan menyenangkan. Dan sekarang aku selalu berusaha semangat berpuasa penuh.

Ara, 2 Mina

Assalamualaikum wr.wb. Halo teman-teman namaku Ara kelas 2 mina . Bagaimana kabar puasa ini?. Kalau aku merasa senang walau pun ada Covid 19. kalian senang gak?. kalau senang , Ayo lanjutkan puasa nya sampai selesai yaaaaa . sampai jumpa , Wassalamualaikum wr.wb dadadadadaaaa

Asya, 2 Mekkah

assalamualaikum wr.wb.Halo teman teman namaku Asya aku kelas 2mekkah. bagaimana kabar kalian hari ini? kalau aku merasa senang .apakah kalian merasa senang? kalau merasa senang ayo lanjut berpuasanya.dan semangat berpuasa di bulan ramadhan ini cukup hari ini yaa teman teman tapi kapan kapan kita bertemu yaa sampai jumpa. wassalamualaikum wr.wb dada semangat berpuasa yaa

Dayyab Azka, 4 Mina

Ramadhan kali ini saya senang sekali walau pun tidak bisa tarawih di masjid tapi aku senang karena bisa sholat dan mengaji bersama keluarga

Joeva, 5 Mekkah

Selama ramadhan ini aku mengaji setiap hari,
Selama ramadhan ini aku tidak lupa melaksanakan sholat lima waktu,
Selama ramadhan ini aku menonton tv bersama kk dan juga nenekku,
Selama ramadhan ini aku bermain game free fire dengan saudara dan juga teman ku,
Selama ramadhan ini aku menghafal alqur’an,
Selama ramadhan aku bermain bersama kucing,
Selama ramadhan aku tidur siang,
Selama ramadhan aku mandi sore,
Selama ramadhan aku menonton youtube,
Selama ramadhan aku membantu nenek masak untuk buka puasa

Almaira, 5 Mina

“Assalamualaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh. Hai teman teman, hari ini aku mau bercerita tentang puasa ramadhanku. Simak yuk ceritanya. Hari pertama puasaku seru sekali. Walaupun saat bangun sahur aku masih terkantuk-kantuk. Setelah sahur, aku segera sholat Shubuh karena sudah adzan. Setelah sholat aku membuka tirai jendela di rumahku. Setelah itu, aku istirahat sejenak di kursi. Kemudian aku mandi pagi. Setelah itu aku bermain bersama adik. Ternyata waktu cepat berlalu. Tak lama setelah main, adzan Dzuhur berkumandang. Aku pun segera sholat dan tidur siang. Saat aku sudah bangun, aku segera sholat Ashar karena sudah adzan. Lalu aku mandi sore. Setelah mandi, aku membantu mama untuk menyiapkan takjil. Mama menyuruhku untuk membuat teh. Setelah itu adzan Maghrib pun berkumandang. Aku pun berbuka puasa bersama keluargaku. Setelah berbuka, aku sholat Maghrib dan mengaji. Seru sekali ya puasa kali ini. Itu adalah cerita puasa ramadhanku. Terimakasih ya sudah membaca ceritaku ini. Dadah teman teman, Wassalamualaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.”

Rara, 5 Mekkah
“Ramadhan kali ini berbeda , karena ada wabah corona . Waktu hari pertama , aku teraweh di rumah , jalanan sepi banget. Semua orang pada pake masker . Bundaku libur , tapi ayah ku tetap harus masuk kerja. Aku di rumah aja. Terus aku juga bukber online sama saudara saudara ku pake vidcall . Walau jauh , tapi tetep seru kok . Di rumah aku juga di dampingin bunda belajar .aku bosen sih di rumah , tapi aku tau kalo kita keluar rumah nanti bisa aja kita sakit . Semoga wabah virus corona cepat hilang ……… AMIN . “

Zydan, 5 Mina

Pas saat Ramadhan sekarang aku full puasa & sholatnya.Aku pas sahur suka makan banyak.Aku puasa sampai maghrib.Saat buka ada banyak makanan di meja makan.

Shindy, 5 Mina

“Selasa 12 Mei 2020, hari ini adalah hari ke-12 puasa di tahun 2020. Hari ini aku bangun jam 02:46. Saat bangun aku langsung ke kamar mandi untuk wudhu. Aku wudhu untuk Sholat tahajud. Setelah Sholat tahajud aku sahur. Aku sahur dengan semur daging, mie goreng, dan nasi putih. Karena aku sahurnya lebih cepat dari kemaren-kemaren jadi aku ngemil-ngemil dulu. Aku ngemil dengan kacang mede. Sambil menunggu imsak dan adzan Subuh aku main hp dulu. Saat imsak aku buru- buru minum air putih. Saat adzan aku langsung wudhu dan Sholat Subuh. Setelah Sholat aku nonton kisah Nabi Ibrahim. Sebelum nonton kisah Nabi Ibrahim aku nonton film Umar bin Khattab. Jam 6 kurang atau 6 lebih aku tidur dulu. Aku tidur karena kisah Nabi Ibrahimnya udah selesai dan aku juga udah ngantuk. Bangun-bangun udah jam 10 kurang. Setelah tidur aku main hp. Saat jam 1 kurang atau jam 1 lebih aku wudhu dan Sholat. Setelah sholat aku nulis cerita ini. Setelah nulis cerita ini aku Sholat Ashar.”

Dio, 5 Mina

“Hari pertama ramadhan aku merasa biasa aja. semakin hari aku semakin bosan karena gaboleh kemana mana.dirumah kegiatan ku cuman ngaji, belajar, dan main. biasanya aku pergi kemasjid saat sholat fardu dan tarawih. tapi sekarang, kita belum boleh sholat ke masjid dulu. kita juga tidak boleh berbuka puasa diluar rumah karena bisa tertular Covid-19. Untuk mengatasi rasa bosan aku biasanya bantu ibu/ayah atau tidur. aku juga disuruh menjadi iman sholat shubuh. ayah ku menjadi iman sholat isya dan tarawih. sebelum tarawih keluargaku mengadakan kultum (kuliah 7 menit). jadi setiap hari bergantian mengajarkan materi agama islam selama kurang lebih 7 mnt. semoga pandemi covid19 ini cepat berakhir dan semoga bisa melakukan aktivitas seperti biasanya.”

Nabila, 5 Mekkah

Tahun ini kita Ramadhan di rumah aja. Biasanya kalau Ramadhan aku dan teman-teman sering berkumpul dan bermain bersama. Tapi sayangnya tahun ini tidak, karena ada covid-19. Tahun ini aku di rumah aja puasanya, sholat tarawih di rumah,belajar dirumah, dan melakukan kegiatan di rumah. Selama di rumah kalau nunggu buka sering nya sih nonton. Kadang bantuin untuk nyiapin buka. Aku mau corona cepat berakhir. Oh iya sejak dirumah aja, aku sering sholat tahajud. Sebelum bulan Ramadhan aku melakukan puasa sya’ban. Stay healthy everyone !!! 😊.

Rafa, 5 Mekkah

Saat bulan ramadhan tahun ini berbeda dengan tahun lalu,karena tahun ini ada Covid-19 jadi kalau tahun lalu aku suka ngabuburit dengan keluarga ku.Karena bulan ramadhan tahun ini disuruh pemerintah agar di rumah saja aku menambah hafalan di rumah,membaca al-quran setiap hari,dan mengerjakan tugas sekolah.Karena disuruh pemerintah tetap di rumah aku kadang-kadang suka bosan.Kadang-kadang agar tidak bosan aku bermain handphone.Lalu selain bermain handphone aku bermain dengan adik-adik ku.Dan saat sahur aku biasa nya bangun jam 4 kurang.Dan saat hari ini puasa ku masih full dan tidak bolong.Saat bulan ramadhan tahun ini aku tetap sholat 5 waktu.Aku juga mendoakan agar virus corona cepat berlalu.Agar aku bisa kembali ke sekolah dan bermain bersama teman-temanku.

Nada, 5 Mekkah

Bulan Ramadhan tahun ini terasa berbeda. Dengan adanya virus corona kita harus memenuhi anjuran pemerintah untuk di rumah saja. Tidak ada kegiatan sholat taraweh berjamaah di masjid, buka puasa bersama keluarga besar, tetangga, teman-teman di luar rumah, restoran, maupun di dalam rumah dengan mengundang banyak orang. Tetapi bulan Ramadhan kali ini saya merasa bersyukur karena bisa menjalankan ibadan puasa lebih dekat bersama orang tua dan keluarga inti. Dimulai dengan makan sahur bersama, buka puasa bersama dan sholat taraweh berjamaah di rumah. Saya juga membantu ibu mencuci piring, menyiapkan sahur, dan buka puasa bersama ibu, dan menjaga adik-adik selama waktu puasa. Saya selalu mengingatkan dan memberi semangat adikku terutama yang masih TK agar dapat berpuasa penuh sampai magrib. Seluruh kegiatan dilakukan di rumah dengan hati senang dan ikhlas. Walaupun kita semua di rumah saja, ayah dan bunda tetap bekerja dan saya tetap sekolah dengan mengikuti program dari guru-guru (SFH). Tidak terasa kita sudah hampir menjalani separuh dari bulan puasa ramadhan. Semoga wabah corona cepat berlalu dan kita bisa berkumpul bersama.

Zalfa, 4 Mina

Saya menghabiskan waktu berpuasa di rumah.Saya membantu orang tua saya.Saya juga menunaikan ibadah shalat 5 waktu…dan tarawih….Bersama ayah,ibu dan kakak saya.Setiap hari,saya memberi makan hewan peliharaan saya,dan memberi minum.membersihkan rumah.saya sering juga bermain dengan ayah,ibu dan kakak saya di rumah.Saya sahur bersama ayah,ibu dan kakak saya.Saat buka puasa pun seperti itu.Setiap sore saya membantu ibu saya memasak,menyiapkan makanan untuk buka puasa.Terkadang,saya juga membantu ayah saya,seperti memandikan hewan peliharaan saya.Tak lupa saya juga tadarus dan murojaah.

Aulia, 5 Mekkah

saat ramadhan saya biasanya di bangunin sama emba saat mau saur. selesai saur saya langsung nungguin untuk shalat. saat shalat shubuh biasanya langsung tidur, kadang-kadang ngaji. setelah bangun saya mandi. selesai mandi saya langsung mengikuti jadwalnya. setelah itu langsung main (laptop & nonton tv). shalat zuhur kita shalat berjamaah dan biasanya ngaji alqur’an bersama (min 20 ayat). lalu balik main lagi. shalat ashar seperti shalat zuhur ngaji min 20 ayat bersama. sekitar jam 16.00 saya tidur lalu bangun saat buka ramadhan. biasanya makanannya di beliin (seperti dari resto) di go-jek. aku biasanya makannya banyak seperti makanan dari rumah dan pesanan. jam 18:30 saya shalat berjamaah lagi . lalu 1 jam kemudian shalat lagi tapi gak berjamaah biasanya. lalu baca/belajar di buku 1 jam. setelah itu nonton tv 30 menit. lalu tidur deh….

Defi, 5 Mekkah

assalamualikum.hai teman-teman gimana puasa  nya, lancarkan. ternyata puasa  itu sangat membuat kita bisa berlatih  menahan makan dan minum. dan setelah kita selesai puasa ramadhan 30 hari kita akan merayakan idul fitri. tp saat ini kondisi sedang  gak baik. karena sedang ada penyebaran virus corona . tp kita tidak bisa bertemu dulu saat ini.  dan jangan lupa menjaga kesehatan tubuh kita sehingga kita bisa menjalangkan puasa sampan idul fitri. semoga virus corona ini cepat berlalu  sehingga kita bisa bertemu lagi . dan semoga puasanya lancar nya. AMINNNN!

Reefa, 4 Mina

Ramadhan ini aku di rumah mengerjakan tugas dari sekolah dan membaca AL Quran dan sholat berjamah 5 waktu, jika semua sudah dilakukan aku bisa bermain internet tapi jika waktu sholat aku melakukan sholat dulu. Aku juga berlatih piano. Jika sudah mau buka aku segera mandi dan menunggu berbuka puasa bersama keluarga. Setelah buka puasa aku sholat magrib berjamaah bersama keluargaku. Setelah sholat aku melanjutkan makan sampai waktu sudah sholat isya aku pun sholat berjamaah bersama keluarga dan sholat terawih. Setelah sholat aku sikat gigi dan tidur cepat agar besok pagi jam 4 pagi aku bisa sahur. Terimakasih⁂.

Naura, 5 Mina

“Assalamu’alaikum teman teman

Tau kan sekarang sedang ada virus covid 19, bulan ramadhan tahun ini kita tidak bisa bebas di luar rumah, buka puasa bersama, sekolah, bermain, dll. Itu karena sedang kondisi seperti ini. Tapi walaupun hanya boleh berdiam di rumah saja tetap seru kok di rumah, bisa buka puasa bareng keluarga, lebih dekat dengan keluarga, bisa bermain dengan keluarga,dan semua nya dengan keluarga.. mungkin kita tidak akan lebaran kalau kondisi nya masih seperti ini… tapi kita bisa perbanyak ibadah di rumah.

Wassalamu’alaikum wr. wb.  -Naura 5 mina-“

Razqa, 5 Mekkah

“Aku sudah menjalani ramadhan selama 11 hari.Aku masih semangat untuk berpuasa 30 hari. Dan rutinitas ku biasanya meng hafal al quran,membaca alquran,dll. Ramadhan kali ini aku tidak bisa ke mesjid buat sholat tarawih.Tapi kalau sholat tarawih di rumah selesainya bisa cepet. Ramadhan kali ini juga terasa lebih lama berbukanya daripada tahun lalu. Karena aku tidak ngapa-ngapain. Saat libur ini aku jadi lebih banyak nonton tv daripada belaj-ar. Aku pengen sekolah lagi biar bisa main bola lagi.Semoga juga corona cepet hilang dari indonesia ini.”

Hasna, 5 Mina

“Saat bulan ramadhan aku membantu mama masak.setelah mambantu mama aku sholat dzuhur.setelah sholat Dzuhur aku mengaji bersama keluarga.setelah mengaji aku bermain hp.saat asar aku sholat setelah sholat asar aku mengaji.setelah mengaji aku mandi.setelah mandi aku membantu mama menyiapkan makanan untuk buka.saat adzan aku buka puasa.setelah buka puasa aku sholat Maghrib. setelah sholat Maghrib aku mengaji.setelah mengaji aku makan.lalu aku sholat isya dan tarawih.”

Afana, 2 Mekkah

Assalamualaikum teman teman..aku Afana dari kelas 2 Mekkah.aku akan menceritakan pengalaman puasa selama berada di rumah. Hari pertama puasa adikku rania ulang tahun, biasa di keluarga kami apabila ada berulang tahun kami pasti jalan keluar atau menginap di hotel atau ke tempat tempat asyik lainnya.berbeda di tahun ini karena adikku berulang tahun di saat corona dan mengharuskan kami sekeluarga di rumah.jadi ulang tahun Rania di rayakan cukup ber 5 saja hanya mama, abah, kakak, aku dan rania.mama sibuk membelikan kado untuk rania setiap orang harus kasih kado buat rania walaupun di belikan mama lewat online.cake ulang tahun juga di beli lewat online yang temanya mama cari di internet. makanan untuk buka puasanya mbah yang bikin sesuai permintaan rania nasi kuning. biarpun acara ulang tahun rania di rumah tetep aja seru karena banyak kado untuk rania dari kami ber 4 dan rania juga tiup lilin dan makan makan hanya di rumah saja. Rania senang sekali karena mendapatkan kado yang banyak dari kami. selamat ulang tahun ya Nia semoga menjadi adik yang sholehah dn sayang kakak kakak, mama dan abah.

Aby, 5 Mekkah

Jadi hari ini aku bikin cinnamon roll bersama kakak bahan bahanya banyaka. waktu ramadahan hari pertama aku bikin pizza sama kakak dan bunda minumnya es teh manis.aku juga punya buku aktivitas ramadhan setiap hari aku isi. biasanya kalau aku bosan  dirumah aku main game atau tidak tidur.kemarin aku bikin nasi goreng hong kong kong bunda bilang enak. uddah sih gitu aja, sekian dari saya thanks.

Diva, 5 Mekkah

“Pada bulan puasa pahala bisa berlipat lipat. Jadi Aku dan keluargaku menyempatkan untuk membaca Al Qur’an. Dalam sehari aku bisa  dapat 1 jus .jadi jika ramadhan 30 hari aku bisa membaca 1 Al Qur’an. Alhamdulillah. Tapi sayang di ramadhan kali ini aku enggak bisa Kemana-mana. Karena  mewabah nya  virus Corona. Jadi aku harus tetap di rumah. Untuk tambah temanku yg tersayang juga tetap di rumah ya. Guru guruku tetap jaga kesehatan ya semoga Allah selalu melindungi kalian semua . Amin….”

Thaqif, 3 Mekkah

Ramadhan tahun ini thaqif puasa sampai maghrib. awalnya aku rasa lapar dan haus banget. Tapi alhamdulillah aku bisa puasaku insyallah sampai akhir ramadan nanti. Aku sedih karena ngabuburit dirumah. Thaqif sedih karena tarawih dirumah aja. Aku senang karena dirumah aja ga kemana-mana. Aku senang saat buka puasa .

Shila, 5 Mekkah

Puasa tahun ini terasa berbeda dari tahun sebelumnya. Dengan adanya pandemik wabah corona, pemerintah mewajibkan kita untuk berdiam diri di rumah saja. Keuntungan yang didapat dari kebijakan tersebut, saya dapat lebih fokus untuk beribadah. Membiasakan diri untuk sholat sunah (dhuha, tahajut, qobliyah, dan ba’diyah), selain sholat wajib yang biasa dilakukan sehari – hari. Target baca Al – Quran one day one juz yang bisa tercapai. Melanjutkan hafalan juz 29. Kebersamaan bersama keluarga lebih terasa karena selama ramadhan saya bisa merasakan sahur dan buka puasa bersama anggota keluarga. Kegiatan sholat selama ramadhan ini lebih sering dilakukan secara berjamaah dengan seluruh anggota keluarga. Setelah sholat maghrib biasanya saya dan keluarga dilanjutkan membaca Al – Quran sambil menunggu adzan isya. Setelah sholat isya kita sholat tarawih secara berjamaah, Imamnya biasanya bergantian, antara ayahku atau kakakku.

Aurel, 5 Mina

Hai teman2 aku aurel……aku mau cerita tentang ramadhanku dirumah.puasa dirumah menyenangkan sekali karena bisa bukber dengan keluarga.bisa tertawa bersama…….walaupun tidak bisa bertemu teman2.aku bisa membantu mama menyiapkan berbuka puasa…….aku senang sekali….oh iya aku berharap agar wabah ini cepat berakhir agar aku bisa ketemu kalian disekolah….terima kasih

Juno, 3 Mekkah

Asaalamualakum teman-teman : ) Bagaimana puasa ramadhan. do’akan virus Akan tidak ada lagi dan selalu di rumah aja Dan selalu do’a biar semua orang-orang Sehat dan ikut kan aturan aturan mentri kesehatan =>

Arsyad 4 Mina

Assalamualaikum .Halo teman2. Namaku Arsyad.Aku akan menceritakan tentang rasanya berpuasa di tengah wabah Covid 19.Pada sebelum bulan ramadahan tiba,saya berpikir bahwa”susah gak ya ber puasa di tengah wabah? “saat ramadhan tiba aku rasanya biasa saja , tak seperti yang kubayang kan. Jadi, berpuasa ditengah wabah itu biasa saja yah.Aku punya pesan untuk teman teman. Yaitu : jangan pantang menyerah berpuasa , perbanyak amal,dan perkhusyuk sholatnya ya!. SELAMAT MENUNAIKAN IBADAH PUASA RAMADHAN TAHUN 1441.Assalamualaikum wr wb. Dadah! #DadahcoronaHaloramadhan

Alin, 5 mina

Kemarin aku dan adikku bermain di kamar, lalu kami keluar dan duduk di meja makan. Adikku langsung memebuka toples corn flakes dan memakannya. Lalu aku bilang “Rania (adikku) kan puasa!”. Lalu adikku langsung memuntahkannya. Aku langsung tertawa.

Danish, 6 mina

Saya berpusa tapi tidak ada yang bolong

Hadaya Alfiza Widyadana, 6 Mina

Aku bangun sahur. Aku pun sahur. Setelah itu, aku sholat subuh. Setelah sholat subuh, aku baca Qur’an. Aku baca Qur’an nya di hp. Aku membaca juz 8. Setelah itu aku tidur

Khaira, 5 Mina

Saat saya berpuasa Saya membantu ibu untuk masak makanan berbuka puasa , Saya juga belajar di rumah saat puasa

Sayyid Aulia Thoriq, 5 Mekkah

Saat aku tidur tiba tiba di luar ada yang bangunin sahur pakai panci aku kaget banget sampai aku lari kedapur. Saat aku ngintip kejendela ternyata orang yang lagi bangunin sahur. Ada yang pakai galon, panci,dan ember

Fakahira Nailal Husna, 5 Mekkah

Ramadahan di tahun ini aku merasa berbeda aku merasa kurang bahagia tetapi aku harus selalu bersyukur walaupun tidak bisa main dengan teman teman aku bisa menikmati puasa ku bersama keluarga tercintaku aku selalu berdoa agar wabah corona ini segera Allah musnahkan.

Rafa Mahesa Supandi, 6 Mekah

Puasa tahun ini tidak bisa berkumpul lagi, tidak bisa buka bersama lagi, tidak bisa perang sarung lagi dengan teman-teman. Mungkin membosankan, tapi saya tahu, saya harus diam di rumah karena adanya pandemi Covid-19. Mohon maaf lahir dan batin ya, teman-teman. Tetap semangat. MARHABAN YA RAMADAN.

Zeeva, 6 Mina:

Puasa Hari ini sedikit membosankan karena adanya virus korona. Dengan adanya virus korona aku tidak bisa berbuka puasa bersama, sholat berjamaah di musholla, silaturahmi antar teman-teman dan para tetangga. Bosankan ????
Tetapi aku tetap bisa memanfaatkan kebosananku dengan cara memasak beragam kue bersama mama dan adik. Selain itu aku juga membaca beberapa komik untuk mengisi keseharianku. Akhirnya aku tidak merasakan bosan lagi. -terimakasih- -Zeeva-

Zhirayan Azhar, 5 Mekah:

Haus banget hehe.

Fatih, 6 Mina:

Aku berpuasa untuk mendapatkan pahala, menahan lapar dan dahaga, dll.

Charma, 4 Muzdalifah:

Saat jam 04:00 aku sahur bersama keluarga ku ketika sudah azan aku sholat subuh berjamaah bersama keluarga ku setelah itu pagi hari nya aku bermain bersama kakakku siang harinya aku menghafal surat dan tadarus lalu sore harinya aku bermain bersama kakakku saat jam18:00 aku berbuka puasa bersama keluarga ku dan sholat maghrib lalu menghafal alquran jam 19:00 aku sholat isya lalu tarawih bersama keluarga beserta sholat withir.

Khansa reshaina, 4 Mekkah:

Saat bulan puasa tahun lalu saya buka puasa bersama teman -teman 3 muzda dan teman teman yatim sebelum buka puasa saya dan teman -teman mendengar dongeng .lalu sayadan teman teman berbuka puasa, shalat maghrib bersama anak yatim dan memberi bingkisan untuk anak yatim.

Defi Inayah Septiana, 5 Mekkah:

Saya malam ini terawih pertama dan besok melaksanakan puasa hari pertama.

Fathir, 3 Mekkah:

Biasanya setiap Bulan Ramadhan, saya sering menanti masa berbuka dengan membeli berbagai cemilan favorit seperti popcorn asin, macaroni, dll. Saya juga suka bertarawih bersama tetangga. Saya harap corona segera berakhir hingga saya bisa menjalani Ramadhan seperti biasanya. Wassalamualaikum.

Trevinakalilanisha Z, 2 Mina:

Aku ngga sabar berbuka bersama keluarga. Mensiapkan makan dan minuman yang ada di rumah.

Rafael Irvine Sharif, 2 Mekah:

Enak dan Senang karena banyak makanan enak tapi sedih krn solat tarawih sekarang ga bisa di mesjid

Catatan:

Cerita Teman-teman yang menggunakan kalimat yang baik dan positif Insha Allah akan segera ditampilkan di website Al Fikri dalam waktu kurang lebih 2 hari. Bagi Teman-teman yang sudah mengetikkan cerita tapi tidak muncul di website ini dalam waktu lebih 3 hari, hal ini mungkin karena terdapat gangguan jaringan internet sehingga cerita Teman-teman tidak terkirim ke website sekolah.

Bagi Teman-teman yang mengalami kendala tersebut dapat mencoba untuk mengetik kembali cerita Teman-teman pada formulir di bawah ini atau menghubungi nomor WA Pak Hilman di  0818-222-999 untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut.